Minggu, 01 Januari 2012

The Citizens Takluk di Stadium of Light

Kekalahan menyakitkan harus dialami Manchester City saat bertandang ke Stadium of Light, markas Sunderland, (1/1). Bagaimana tidak, gol kemenangan The Black Cats tercipta pada masa injury time melalui pemain pengganti,  Dong-Won Ji.
Hasil ini membuat persaingan di papan atas klasemen Premier League masih cukup ketat. Pasalnya, sehari sebelumnya beberapa klub besar seeprti Manchester United dan Chelsea harus menelan kekalahan, sedangkan Tottenham Hotspur tertahan.
Sejak awal babak pertama, Sunderland pun mampu mengejutkan lini belakang City. Laga baru berjalan tiga menit, tekanan The Black Cats hampir berbuah ahsil positif. Lewat skema serangan balik, Nicklas Bendtner mampu lepas dari kawalan pemain City dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Joe Hart. Namun kiper timnas Inggris itu masih sigap menepis bola.
Dua menit setelahnya, giliran peluang James McClean yang digagalkan oleh Joe Hart. Sepakan McClean dari luar kotak penalti mampu diredam oleh Hart. City sendiri mencoba balik mengancam gawang tuan tumah. Namun, pertahanan kokoh yang diterapkan oleh Sunderland membuat para pemain The Citizens tak bisa berbuat banyak.
City baru bisa mendapatkan peluang pada menit ke-32. Memanfaatkan bola liar, Edin Dzeko berhasil melepaskan sepakan ke arah gawang Sunderland. Namun, peluang ini gagal berbuah gol setelah bola berhasil diblok oleh Simon Mignolet.
Kesempatan emas yang diraih Samir Nasri juga gagal membuat City unggul. Tendangan kaki kanan Nasri memang tak mampu dihalau oleh Mignolet, tapi masih mampu disapu oleh bek tuan rumah, Craig Gardner.
Pada menit ke-35, Dzeko kembali mengancam. Lagi-lagi ancaman tersebut tak menghasilkan apa-apa setelah bola sepakan kaki kanannya hanya membentur mistar gawang. Kerap gagal memaksimalkan sejumlah peluang, Sunderland kontra City pun berakhir tanpa gol hingga pengujung babak pertama.
Memasuki babak kedua, permaina impresif Sunderland kembali diperagakan. City sendiri coba mengubah taktik, Manajer Roberto Mancini memasukkan David Silva guna menggantikan peran Nasri. Pun Sergio Aguero yang masuk menggeser tempat Nigel De Jong.
Namun peluang emas pertama pada babak kedua ini justru diraih Sunderland. Pada menit ke-63, Stephane Sessegnon mampu memiliki kesempatan membuka skor. Sayang sepakannya dari jarak dekat masih melebar tipis di sisi kanan gawang Hart. Padahal salah satu rekannya justru berdiri cukup bebas.
Memasuki menit-menit akhir laga, Sunderland mulai mengendurkan tekanan. Bahkan skuad asuhan Martin O'Neill ini cenderung bermain bertahan dan menumpuk sebagian besar pemainnya di daerah sendiri.
Strategi itu membuat City mulai leluasa mendominasi permainan dan terus memberi tekanan. Namun berkali-kali upaya mereka kerap gagal karena ketatnya pertahanan tuan rumah dan lemahnya penyelesaian akhir.
Hampir sebagian besar pemain City turut maju membantu serangan. Upaya mencuri tiga poin membuat daya gedor City meningkat. Ironisnya, pada masa injury time, City justru lengah. Pemain pengganti, Dong-Won Ji mampu tampil sebagai pahlawan buat tuan rumah.
Menerima sodoran dari Sessegnon, Dong-Won yang sedikit berada pada posisi offside mampu mengecoh Hart sebelum melesakkan bola ke gawang yangs duah kosong. Stadium of Light pun bergemuruh menyambut kemenangan The Black Cats.
Kekalahan ini membuat City gagal memperlebar jarak dengan pesaingnya, Manchester United. Poin keduanya masih sama, 45, meski City tetap di puncak klasemen dengan keunggulan selisih gol. Sementara itu, Sunderland bergak naik ke posisi 12 klasemen dengan nilai 21.
 
DuniaSoccer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar