Kamis, 11 Oktober 2012

I. 3. PERMASALAHAN YANG TERJADI DALAM KELUARGA DI MASYARAKAT

   Masalah dalam keluarga sangat kompleks, sehingga penanganannya harus dilakukan secara seksama, secara baik-baik, dan harus dengan hati. Banyak keluarga yang membiarkan masalah kecil, padahal jika dibiarkan masalah itu bisa semakin membesar.
     Salah satu masalah yang sering terjadi dalam keluarga adalah masalah anak-anak. Jika terjadi, jangan buru-buru menyalahkan anak, telaah dulu akar masalahnya, telaah pula hubungan Anda selau orangtua dengan anak-anak. Karena bisa jadi, anak bermasalah akibat terganggunya hubungan mereka dengan orangtua, maupun hubungan antara ayah dan ibu mereka. Yang terpenting, gunakan hati dalam menyelesaikan masalah anak-anak.
    Di dalam keluarga, banyak sekali ranjau yang tersebar. Untuk itu kita harus waspada. Jangan sampai ranjau-ranjau tersebut menghancurkan keharmonisan keluarga, dan mengganggu pertumbuhan anak. Keluarga harus bisa memberikan rasa aman dan berharga dalam diri anak-anak. Kalau tidak, mereka akan mencari rasa aman dan bahagia di luar rumah. 
   Masalah lain yang sering muncul dalam keluarga adalah masalah ekonomi atau uang. Kita mengakui bahwa dalam menjalani kehidupan kita perlu uang. Tapi ingat, uang juga bukan segalanya. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Jangan manjakan anak dengan uang. Jangan menganggap semua masalah dalam keluarga bisa diselesaikan dengan uang. Orangtua perlu mengajarkan tentang uang kepada anak, apa arti uang. Tujuannya adalah agar anak tidak mendewakan uang, juga tidak meremehkan uang.
   Sediakanlah hati Anda untuk keluarga. Dengan demikian setiap masalah dalam keluarga akan bisa teratasi dengan baik. Dengan hati, masalah dalam keluarga akan bisa diselesaikan bukan karena kemampuan seseorang, melainkan karena adanya komitmen bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar