Senin, 27 September 2010

Komponen-komponen SIM

1.    PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam sebuah orgaisasi. SIM tersebut adalah sistem yang berbasis komputer yang menyediakan informasi kepada para pemakainya. Sehingga para pemakai dan pencari informasi, dengan mudah mendapatkan dan menggunakan informasi yang mereka butuhkan.

2.    KUTIPAN
Menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) SIM adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Informasi itulah yang digunakan oleh perusahaan tersebut untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
Tak sedikit perusahaan-perusahaan kecil maupun besar yang pengembangan SIM nya masih kurang efektif bagi para pemakainya, sehingga perusahan tersebut selalu ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas mutu dari SIM itu sendiri.

3.    PEMBAHASAN
Berbicara Sistem Informasi Manajemen, tak lepas dari komponen-komponen yang ada didalamnya. Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
1.       komponen input
input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi
2.       komponen model
merupakan kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan
3.       komponen output
merupakan output informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4.       komponen teknologi
merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, dan membantu pengendalian sistem.
5.       komponen basis data
merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didalam komputer dengan menggunakan software database.
6.       komponen control
merupakan pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi

4.    PENUTUP

Pengembangan SIM yang baik dalam sebuah perusahaan tergantung dari bagian/komponen yang  ada  di dalamnya. Karena semuanya itu merupakan bagian kesatuan yang saling berhubungan dari yang satu dengan yang lainnya. Jika salah satu komponen tersebut tidak terpenuhi dengan baik, otomatis akan mempengaruhi pengembangan SIM tersebut dan sulit untuk memenuhi tujuan yang hendak di capai.

5.    REFERENSI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar