Senin, 27 September 2010

Gambaran Umum SIM


1.PENDAHULUAN

Informasi menjadi kebutuhan setiap orang. Karena infomasi itulah yang menjadikan setiap orang dapat mampu mengetahui apa yang mereka butuhkan di luar sana. Tanpa informasi, manusia akan sulit mengetahui apa yang dibutuhkannya. Tak jarang orang-orang kesana kesini hanya untuk mendapatkan informasi. Karena itulah sangat pentingnya informasi bagi kehidupan setiap orang. Terlebih dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sangat cepat, informasi itulah yang menjadi tolak ukur kemakmuran dan kemajuan penduduknya di setiap Negara. Sehingga setiap Negara selalu menumbuhkembangkan sistem informasi yang efektif bagi setiap penduduknya. Di semua bidang apapun selalu membutuhkan informasi, sehingga setiap orang selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan informasi yang sedang berkembang untuk kebutuhannya, karena semakin banyak orang mendapatkan informasi, semakin banyak pula orang itu mampu menguasi/mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

2. KUTIPAN

          Sebelum terlalu jauh memahami gambaran tentang SIM, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari SISTEM. Beberapa pakar mengemukakan pendapatnya tentang sistem :
          Menurut Jerry FithGerald ;
        sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
          Menurut Ludwig Von Bartalanfy ;
        Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
          Menurut Anatol Raporot ;
        Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain
          Menurut L. Ackof ;
        Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

3. PEMBAHASAN

Dari semua pendapat tesebut dapat disimpulkan bahwa sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk menghasilkan suatu tujuan. Sistem Informasi pun memiliki struktur yang dapat mengetur semuanya. Pada dasarnya dibdakan menjadi 2, yaitu sistem formal dan sistem nonformal. Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma oraganisasi yang berlaku untuk semua orang, sesuai dengan kedudukan didalam rganisasi tersebut, sistem ini tegantung kepada tugas, ewewnang dan tanggung jawab yang diberikan oleh pemegang jabatan organisasi. Berbeda dengan struktur nonformal yaitu, sistem yang berlaku di lingkungan organisasi yang bersifat tidak resmi, tetapi memiliki pengaruh yang kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan.


4. PENUTUP

          SIM di setiap Negara atau organisasi selalu berbeda dengan yang lainnnya. Salah astu faktor yang membedakan adalah cara pengembangan SIM tersebut dan karakter dari setiap individu didalamnya. Jiaka tiap individu mampu memanfaatkan dan mengembangkan SIM yang ada dan mampu bersaing untuk mendapatkan yang lebih baik, pastinya Negara atau perusahaan tersebut akan tumbuhberkembang menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

5. REFERENSI

http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=3&ved=0CBkQFjAC&url=http%3A%2F%2Fadiprtm.dikti.net%2Fsim%2FSIM%2520sess_3.ppt&rct=j&q=definisi%20gambaran%20SIM%20menurut%20para%20ahli&ei=EbSbTM33F4b-vQOx2-zWBA&usg=AFQjCNE8xApUpGfzv_LJDF_oWWCUkr5HVQ&cad=rja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar