Sabtu, 08 Oktober 2011

TUGAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ( Part 1 )

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem dan elemen sistem !
    Jawab :
  • Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling    terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks. 
  • Elemen Sistem adalah bagian - bagian dari sistem yang saling berkaitan agar sistem tersebut mampu berjalan sesuai dengan tujuannya. Contohnya : tujuan, masukan , proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik, dan lingkungan. 
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan akuntansi dan sistem informasi akuntansi !
    Jawab :
  • Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
  • Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
3. Jelaskan perbedaan SIA dan SIM !
    Jawab :
  • SIA adalah suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan, sedangkan
  • SIM adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

Ref : sendiri dan Rahmat Blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar