Sabtu, 30 Oktober 2010

E-Commerce dan perkembangannya di Indonesia.

1.     PENDAHULUAN
E-Commerce (electronic commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan kita. Penyebatan teknologi ini berkembang sangat cepat, karena besarnya kebutuhan kita sebagai pengkonsumsi yang tiada batas. Penyebarannya berupa penjualan, pembelian, pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik, seperti internet, televisi, dan jaringan internet lainnya.
2.     KUTIPAN
Menurut Riser Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AA$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
3.     PEMBAHASAN
Sejak tahun 1996 E-commerce sudah mulai berkembang  di Indonesia  dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net  (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia - yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net.
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
Fakor Kunci Sukses dalam e-commerce :
1.     Menyediakan harga kompetitif
2.     Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.     Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.     Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.     Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.     Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.     Mempermudah kegiatan perdagangan.
Manfaat E-Commerce :
·         Revenue stream baru
·         Market exposure, melebarkan jangkauan
·         Menurunkan biaya
·         Memperpendek waktu product cycle
·         Meningkatkan customer loyality
·         Meningkatkan value chain
4.     PENUTUP
Perkembangan E-Commerce sangat menguntukan bagi banyak orang yang membutuhkan, khusnya bagi mereka yang berjiwa bisnis, Karena dengan hadir dan berkembang nya E-Commerce, semuanya dapat dengan mudah mendapatkan yang mereka inginkan.
5.     REVERENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar